Skip to main content

Dongkrak Performa... Yamalube Carbon Cleaner

Trend saat ini, dimana banyak yang suka utak-atik motornya sendiri aka Do It Yourself direspon dengan baik oleh pihak pabrikan. Salah satunya Yamaha, pabrikan ini merespon keinginan user dengan lahirnya produk Yamaha Carbone Cleaner. Yuk kita intik gimana sih kerja Yamalube Carbon Cleaner ini..
Penggunaan Cleaner ini cukup mudah tinggal tuangkan ke dalam tanggi Bahan Bakar saat akan isi BBM di SPBU, then isi full BBM dengan pertamax. So Cleaner tadi akan bercampur secara merata dalam tanggi dengan BBM yang kita isikan.
Selanjutnya campuran BBM dan Cleaner ini akan bekerja membersihkan tiap bagian dari Tangki BBM, saluran BBM, filter & diagfragma sampai ke karburator... So saluran lobang-lobang kecil dalam karburator ikut dibersihkan oleh larutan ini.
Selanjutnya masuk ke ruang bakar, membantu pembakaran yang sempurna sehinga lebih ruang bakar bersih, irit BBM dan gas buang lebih ramah lingkungan. Eitsss... dalam ruang bakar celaner ini juga membersihkan carbone sisa hasil pembakaran sebelumnya loh..
yang nempel di ruang bakar, payung klep, busi, dan piston. Weitsss... jadilah mesin motor yang bersih dan performa kembali seperti baru.
Dann... karena penasaran ane juga pengen ngecoba tuh Yamalube Carbone Cleaner di Jupe Z ane. Sapa tau tarikan jadi lebih agresif...
Mampir ke Harpindo Jaya Majapahit yang kebetulan deket dengan rumah ane, ane belilah Yamalube Carbone Cleaner berikut Oli Yamalube Silver buat sekalian ganti Oli.
Sampai rumah motor ane standar tengah, lalu ane tap oli yang sudah hampir 2 bulan ngelumasin mesin Jupe Z, waktunya diganti coz sudah nunjukin 2.000 km. Pake kunci shock 12 dan handle buat buka dan pasang baut tap oli. Ane miringin dan goyang-goyang si Jupe Z biar semua oli bekas keluar dari lubang tap oli.... Wkwkwk pake digoyang segala macam Dangdut aje...
Setelah oli habis dan gak tersisa tetesan oli, ane bersihin baut tap, lalu ane pasang lagi baut tap dan dikencengin pake kunci shock 12. Jangan lupa ring tembaganya... biar gak bocor. Then... buka baut pengisian dan masukan Yamalube Silver ke lobang pengisian, pakai corong biar gak tumpah-tumpah...
Kapasitas Yamalube Silver 800cc pas dengan kapasitas oli mesin Jupe Z, dengan API service SJ dan kekentalan 20W-40, Bisa diganti tiap 3000 km sesuai di buku manual.
Sengaja ane gak pake Yamalube Gold dan setia pake Silver coz selain harga lebih murah juga lebih kental dari Gold yang kekentalannya 10W-40 jadi cucok binggittzzz guyss buat mesin lama yang udah lebih dari 5 tahun.
Emang sih Yamalube Gold API nya SL jadi lebih lama bisa dipakai sampai 5.000 km, tapi kalo encer mah bikin mesin berisik buat mesin tua, jadi lebih cocok ke perawan-perawan muda.... wkwkwkwk (mesin baru- red).
Habis ganti oli ane masukin Yamalube carbone cleaner kapasitas 200cc ke dalam tangki BBM, pas banget isi BBM tinggal dikit kurang dari 1/4. Setelah semua tertuang ke dalam tangki ane bawa Jupe Z ane ke SPBU buat diisi Pertamax sampai full,
Kenapa harus full? coz sesuai petunjuknya memang Cleaner 200cc ini buat 4-5 liter BBM.
Waktunya tes nih ane bawa si Jupe Z jalan-jalan lumayan jauh...luar kota PP Semarang-Batang total sekitar 120 Km buat habisin BBM plus Cleaner ini. Dan terasa bener emang performanya...tarikan lebih responsif, nafas lebih panjang tiap gigi versnelengnya
dan top speed yang biasanya mentok di 90 Km/jam jadi naek sampai 105 Km/jam... woww.
Well ini kan baru pengetesan dimana... dimana Cleaner sedang ngebersihin sistem bahan bakar berikut ruang bakar mesin. So kita tunggu hasilnya beberapa hari kedepan... apakah performa tetap optimal ato hanya sensasi sesaat?
Kita tunggu guyss...


Comments

Popular posts from this blog

Ganti Ban Jupe Z... Belajar Arti Kode Si Karet Bundar

When I look into your eyes...  I can see a love restrained But darlin' when I hold you...  Don't you know I feel the same Nothin' lasts forever...  And we both know hearts can change And it's hard to hold a candle...  In the cold November rain Sambil dengerin lagu GNR "November Rain" ane teringat si Jupe, ban si Jupe udah mulai tipis, terlihat dari grip kembangan tapak ban yang udah hampir ilang untuk ban belakang alias udah tipiss. Kalo ban depan sih kembangan masih bagus cumann... ada dikit retak-retak halus yang mungkin karet ban udah mulai getas coz udah lebih dari 3 taon masa bakti kedua ban depan-belakang di Jupe ane. Mana udah bulan November lagi, jelas bakalan banyak ujan cuy...coz udah masuk musim hujan, bahaya nich kalo ban udah tipis kurang napak di aspal jalan dan licin saat hujan.  So habis gajian langsung dah ane mampir ke salah satu toko spesialis ban dibilangan Sriwijaya Semarang, tepatnya dijalan Tegal Sari ada toko Waroeng Ban. ...

Rem Depan Ambles... Ganti Repair Kit Master Rem

Alkisah, beberapa hari ini ane kagak bisa maenin gas si Jupe alias harus diurut pelan gak boleh kenceng-kenceng larinya. Bukan karena mesin yang ngempos atopun loyo minta obat kuat, tapii... rem depan si Jupe iniloh yang tiba-tiba jadi ambles so hanya ngandelin rem tromol belakang ajah. Bahaya cuy kalo kecepatan tinggi, idealnya disupport 2 rem, cakram depan dan tromol belakang... Nha ini cuman rem belakang yang kerja, rem depannya ambles. Bisa jadi hal ini karena kep master rem (seal-seal pada master rem atas) sudah kempes ato baret, jadinya... ngempos gak bisa neken cairan hidrolis minyak rem ke kaliper rem roda depan. Harus segera dibawa ke bengkel nih... Mumpung weeked hari sabtu ane sengaja datang pagi-pagi ke bengkel langganan ane di Yamaha Mataram Sakti Setiabudi Ngesrep Banyumanik, ane service dahh si Jupe... biasa service ringan aka TUNE-UP, ganti oli plus service rem yang serasa mo nyeplos ini. Ane sengaja pilih bengkel resmi karena sparepart dijamin ori dan ready st...