Skip to main content

Ke Kantor Samsat...Si Jupe Ultah

Tak terasa udah 10 tahun si Jupe nemenin sepanjang perjalanan yang ane lewatin, dari dulu jaman masih kuliah PP rumah ke kampus...trus setelah kerja dari rumah ke kantor PP, dipakai mudik, silaturahmi ke saudara, maen ke rumah temen, dipakai touring ke Kaligesing sampai pantai di Gunung Kidul...lengkap dech... Si Jupe ini memang bandel bener motornya, performa mesin bagus, versneling empuk, handling oke, perawatan mudah, sparepart murah dan tentunya body yang sporty... keren abisss dah pokoknya. So far...pake si Jupe burhan (Jupiter Z Burung Hantu) ini puas bangett...
Setelah 1 dasawarsa masa bakti si Jupe ini terlintas buat ganti baru, adiknya si Jupe yakni Jupiter Z1 yang udah injeksi...Tapi tren sekarang jamannya matic vroh...Kids jaman now lebih suka sesuatu yang simple, usable dan ngetren tentunya...Nhahh ini yang dipunya motor matic.
Moped alias motor bebek yang dari awal taon 80an hingga sekitar taon 2010-an mendominasi penjualan motor di Indonesia sampai 90% kini tergerus hingga tinggal 9% waww...kemana tuh nol nya ilang?
Ternyata eh ternyata hal ini dipicu kemunculan motor matic yang dipelopori kehadiran Yamaha Mio dan Nouvo di pertengahan dekade 2000. Sebagai pioner awalnya kurang begitu populer tapi makin lama motor matic mendapat hati di masyarakat Indonesia karena kepraktisan dan akomodatif. Tak perlu maen kopling, maen gigi versneling tentu membuat user makin nyaman dipakai dikemacetan kota...istilah kata tinggal gas doang. Bagasi matic pun lebih luas sampai kapasitas 18 liter, dari jaket/ jas hujan, sandal/ sepatu sampai helm pun bisa masuk kedalam bagasi motor matic... tentu sangat disuka.  Apalagi dengan pijakan kaki (dek) yang flat ato datar membuat kaum hawa yang biasa pakai rok bisa dengan mudah mengendarai motor ini. Sayapun mengakui kehandalan dan kepraktisan motor matic saat bawa barang, dari bawa Aqua segalon sampai bawa beras satu sak. Tinggal taruh ditengah...beres coz dek matic flat/datar memudahkan akomodasi user.
Persaingan antar pabrikan pun berimbas pada teknologi yang makin pesat seperti Blue Core, ISS, Forged Piston, Diasil Cylinder dll hingga kini matic balik menguasai pasaran otomotif tanah air sampai 90% sisanya motor bebek dan motor sport. Ruarrr biasa tentunya...
Tinggal pilih nih matic apa? Honda Vario ato Yamaha Soul GT... sama-sama keren, akomodatif dan berteknologi terkini.
Ahhhrrrggg... nar dulu dech, ane mo nyiapin surat-surat buat ke kantor Samsat coz udah waktunya nih si Jupe ULTAH "Happy B'Day buat si Jupe"... Ganti plat nomer and STNK di kantor Samsat harus dateng pagi-pagi biar cepet kelar dan gak kejebak antrian yang mengular, jangan lupa bawa:
 - STNK asli 
 - BPKB asli
 - KTP asli
 - FC surat2 diatas buat jaga-jaga
Masukan all dokumen di loket pendaftaran, masukan dalam Map plus ditambah hasil esek-esek nomer rangka dan nomer mesin. Just info, sekarang esek-esek nomer rangka dan nomer mesin plus legalisir gratis gak ada pungli kayak jaman dolo...aman cuy.
Setelah seluruh dokumen dicap (dicek dan dilegalisasi), bawa ke loket STNK... ambil antrian dan tunggu diruang yang tersedia. Gak sampai 15 menit setelah cek dokumen, ane dipanggil buat bayar administrasi pemutihan pajak dan STNK plus penggantian plat nomer. Lanjut ane antri lagi buat nunggu cetak STNK baru, sekitar 15 menitan ane dipanggil buat ambil STNK baru yang udah jadi... Oke nih so far so goood. Kini tinggal nunggu antrian plat nomer, plat nomer yang udah dicetak dikeringin dolo jadi agak lama emang... bisa 30 menit hingga 1 jam.
Overall buat ngurus semua kurang dari 2 jam, 15 menit esek-esek nomer, 15 menit antri pendaftaran/ pengesahan, 15 menit antri pembayaran, 15 menit antri cetak STNK baru & pajak, plus 30-60 menit buat antri plat nomer baru and ngeringin...hehehe
Biaya yang ane keluarin yakni:
  PKB                   103.500
  Jasa Raharja      35.000
  Adm STNK        50.000
  Adm TNKB       30.000
  ----------------------------- +
  Total              218.500

Alhamdulillah kelar dan ane bisa cabut dari kantor samsat buat nerusin aktivitas hari ini.... :D

Comments

Popular posts from this blog

Ganti Ban Jupe Z... Belajar Arti Kode Si Karet Bundar

When I look into your eyes...  I can see a love restrained But darlin' when I hold you...  Don't you know I feel the same Nothin' lasts forever...  And we both know hearts can change And it's hard to hold a candle...  In the cold November rain Sambil dengerin lagu GNR "November Rain" ane teringat si Jupe, ban si Jupe udah mulai tipis, terlihat dari grip kembangan tapak ban yang udah hampir ilang untuk ban belakang alias udah tipiss. Kalo ban depan sih kembangan masih bagus cumann... ada dikit retak-retak halus yang mungkin karet ban udah mulai getas coz udah lebih dari 3 taon masa bakti kedua ban depan-belakang di Jupe ane. Mana udah bulan November lagi, jelas bakalan banyak ujan cuy...coz udah masuk musim hujan, bahaya nich kalo ban udah tipis kurang napak di aspal jalan dan licin saat hujan.  So habis gajian langsung dah ane mampir ke salah satu toko spesialis ban dibilangan Sriwijaya Semarang, tepatnya dijalan Tegal Sari ada toko Waroeng Ban. ...

Rem Depan Ambles... Ganti Repair Kit Master Rem

Alkisah, beberapa hari ini ane kagak bisa maenin gas si Jupe alias harus diurut pelan gak boleh kenceng-kenceng larinya. Bukan karena mesin yang ngempos atopun loyo minta obat kuat, tapii... rem depan si Jupe iniloh yang tiba-tiba jadi ambles so hanya ngandelin rem tromol belakang ajah. Bahaya cuy kalo kecepatan tinggi, idealnya disupport 2 rem, cakram depan dan tromol belakang... Nha ini cuman rem belakang yang kerja, rem depannya ambles. Bisa jadi hal ini karena kep master rem (seal-seal pada master rem atas) sudah kempes ato baret, jadinya... ngempos gak bisa neken cairan hidrolis minyak rem ke kaliper rem roda depan. Harus segera dibawa ke bengkel nih... Mumpung weeked hari sabtu ane sengaja datang pagi-pagi ke bengkel langganan ane di Yamaha Mataram Sakti Setiabudi Ngesrep Banyumanik, ane service dahh si Jupe... biasa service ringan aka TUNE-UP, ganti oli plus service rem yang serasa mo nyeplos ini. Ane sengaja pilih bengkel resmi karena sparepart dijamin ori dan ready st...

Dongkrak Performa... Yamalube Carbon Cleaner

Trend saat ini, dimana banyak yang suka utak-atik motornya sendiri aka Do It Yourself direspon dengan baik oleh pihak pabrikan. Salah satunya Yamaha, pabrikan ini merespon keinginan user dengan lahirnya produk Yamaha Carbone Cleaner. Yuk kita intik gimana sih kerja Yamalube Carbon Cleaner ini.. Penggunaan Cleaner ini cukup mudah tinggal tuangkan ke dalam tanggi Bahan Bakar saat akan isi BBM di SPBU, then isi full BBM dengan pertamax. So Cleaner tadi akan bercampur secara merata dalam tanggi dengan BBM yang kita isikan. Selanjutnya campuran BBM dan Cleaner ini akan bekerja membersihkan tiap bagian dari Tangki BBM, saluran BBM, filter & diagfragma sampai ke karburator... So saluran lobang-lobang kecil dalam karburator ikut dibersihkan oleh larutan ini. Selanjutnya masuk ke ruang bakar, membantu pembakaran yang sempurna sehinga lebih ruang bakar bersih, irit BBM dan gas buang lebih ramah lingkungan. Eitsss... dalam ruang bakar celaner ini juga membersihkan carbone sisa hasil p...