Skip to main content

Bunyi Mendeciiitt Ciitt citt... Bongkar Rem Belakang

Ceritanya...pas ane pulang kerja naek si Jupe turun dikawasan Gombel lama, ane banyak gunain 2 rem (depan & belakang), tau sendiri buat yang pernah lewat jalan situ... Turunan tajam so... fungsi rem benar-benar harus prima. Sebenarnya sih kinerja pengereman masih normal tapiii... suara citt citt nya itu loh, gak nyaman banget dikuping.

Selidik punya selidik ternyata biang kerok suara tikus ini adalah rem belakang, jadi ane harus siapin waktu luang buat cek nih rem belakang si Jupe. Apa kamvas habis apa cuman kotor ato ada bagian besi yang gesekan langsung...Hmm harus dibongkar nih biar tau. Pas dihari minggu ane sengaja luangin waktu buat si Jupe, berbekal beberapa kunci ringpas dan obeng ane bongkar rem belakang si Jupe.
Berikut step by step yang ane kerjain waktu ngebongkar rem tromol belakang:
 - Standar tengah si Jupe
 - Lepas tuas sayap tromol dari plat pengikat dengan kunci 12
 - Lepas tuas rem tromol, kedorin sampai lepas mur kupu-kupu yang biasa buat setel rem belakang.
 - Kendorin penyetel roda/rantai di ujung swim arm (lengan ayun) kanan dan kiri (baut anting - jawa)
 - Lepas mur as roda belakang dengan kunci 19, jangan lupa tahan baut as disisi satunya dengan kunci sama
 - Tarik baut as roda belakang sampai terlepas, pegang roda belakang agar tidak jatuh
 - Lepas rantai dari gear belakang
 - Turunkan roda
 - Lepas tutup tromol berikut sepatu rem
 - Cek kondisi tromol dan sepatu rem/ kamvas rem
Hmm... keliatan ribet yahh, padahal sesungguhnya lebih simple cuy. Kelar bongkar rem ane periksa kondisi tromol masih oke, gak ada tanda bergelombang (ngantong -jawa). So, ane bersihin bagian dalam tromol dengan kuas, lalu ane amplas pake amplas kasar permukaan yang bergesekan langsung dengan sepatu rem. Lanjut pengecekan kamvas rem, kondisi terlihat masih tebel, belum saatnya diganti nih pikirku...lumayan irit budget hehehe...lanjut ane lepas sepatu rem dari dudukannya, ane bersihin dudukanya pake kuas dan lap kering. Cek kondisi sepatu rem terlihat masih oke, so ane tinggal amplas permukaan kamvas rem ini pake amplas kasar. 
Apa ya biang kerok suara berdecit kayak tikus tiap kali rem belakang diinjak ?
Kondisi tromol normal, sepatu rem masih oke... so nih pasti gegara kotoran/ debu. Proses pengereman menjadikan sepatu rem bergesekan dengan bagian dalam tromol yang bikin laju putaran roda melambat ato berenti. Jadi makin lama kikisan bahan sepatu rem hasil gesekan dengan tromol ini yang bikin bagian dalam tromol keliatan kotor berdebu, nhah debu-debu inilah yang bikin rem jadi bunyi. Ane perhatiin juga ujung sepatu rem ada bagian berkarat didudukanya, bisa jadi ini juga jadi penyebabnya... So mumpung lagi dibongkar, sebelum pasang kamvas rem pada dudukan sepatu rem ane lumasin pake vet (vaslin), tipis-tipis saja.
Lanjut ane pasang sepatu rem pada dudukannya , ane pasang pada tromol roda dan...siap dipasang kembali. Proses pemasangan adalah kebalikan waktu bongkar heheheh...
Jangan lupa pasang rantai pada sproket/ gear belakang sebelum pasang as roda... ini nih yang sering lupa wkwkwk biar gak kejadian kayak ane dimana roda udah terpasang ealah... rantai masih nglewer dibawah alias lum terpasang...duhh.
Proses pengencangan as roda juga harus pelan-pelan sembari kencangin baut/mur anting penyetel dikanan kiri (ujung swim arm). Stel mur kanan dan kiri untuk dapetin kekencangan rantai yang sesuai, INGAT... kanan kiri harus seimbang, kalo gak roda belakang bakal gak center dengan roda depan akibatnya bisa berabe cuy... Lanjut stel rem belakang dengan kencangin mur kupu-kupu (penyetel rem) sampai didapat jarak main pedal rem belakang yang pas.
Beres dah...sekarang dicoba jalan... 
Hasilya ciamik euy... beberapa hari ane pake buat lewatin turunan gombel lama, Alhamdulillah aman bro...gak ada lagi bunyi tikus mendecitt...mantabb

Comments

Popular posts from this blog

Ganti Ban Jupe Z... Belajar Arti Kode Si Karet Bundar

When I look into your eyes...  I can see a love restrained But darlin' when I hold you...  Don't you know I feel the same Nothin' lasts forever...  And we both know hearts can change And it's hard to hold a candle...  In the cold November rain Sambil dengerin lagu GNR "November Rain" ane teringat si Jupe, ban si Jupe udah mulai tipis, terlihat dari grip kembangan tapak ban yang udah hampir ilang untuk ban belakang alias udah tipiss. Kalo ban depan sih kembangan masih bagus cumann... ada dikit retak-retak halus yang mungkin karet ban udah mulai getas coz udah lebih dari 3 taon masa bakti kedua ban depan-belakang di Jupe ane. Mana udah bulan November lagi, jelas bakalan banyak ujan cuy...coz udah masuk musim hujan, bahaya nich kalo ban udah tipis kurang napak di aspal jalan dan licin saat hujan.  So habis gajian langsung dah ane mampir ke salah satu toko spesialis ban dibilangan Sriwijaya Semarang, tepatnya dijalan Tegal Sari ada toko Waroeng Ban. ...

Rem Depan Ambles... Ganti Repair Kit Master Rem

Alkisah, beberapa hari ini ane kagak bisa maenin gas si Jupe alias harus diurut pelan gak boleh kenceng-kenceng larinya. Bukan karena mesin yang ngempos atopun loyo minta obat kuat, tapii... rem depan si Jupe iniloh yang tiba-tiba jadi ambles so hanya ngandelin rem tromol belakang ajah. Bahaya cuy kalo kecepatan tinggi, idealnya disupport 2 rem, cakram depan dan tromol belakang... Nha ini cuman rem belakang yang kerja, rem depannya ambles. Bisa jadi hal ini karena kep master rem (seal-seal pada master rem atas) sudah kempes ato baret, jadinya... ngempos gak bisa neken cairan hidrolis minyak rem ke kaliper rem roda depan. Harus segera dibawa ke bengkel nih... Mumpung weeked hari sabtu ane sengaja datang pagi-pagi ke bengkel langganan ane di Yamaha Mataram Sakti Setiabudi Ngesrep Banyumanik, ane service dahh si Jupe... biasa service ringan aka TUNE-UP, ganti oli plus service rem yang serasa mo nyeplos ini. Ane sengaja pilih bengkel resmi karena sparepart dijamin ori dan ready st...

Dongkrak Performa... Yamalube Carbon Cleaner

Trend saat ini, dimana banyak yang suka utak-atik motornya sendiri aka Do It Yourself direspon dengan baik oleh pihak pabrikan. Salah satunya Yamaha, pabrikan ini merespon keinginan user dengan lahirnya produk Yamaha Carbone Cleaner. Yuk kita intik gimana sih kerja Yamalube Carbon Cleaner ini.. Penggunaan Cleaner ini cukup mudah tinggal tuangkan ke dalam tanggi Bahan Bakar saat akan isi BBM di SPBU, then isi full BBM dengan pertamax. So Cleaner tadi akan bercampur secara merata dalam tanggi dengan BBM yang kita isikan. Selanjutnya campuran BBM dan Cleaner ini akan bekerja membersihkan tiap bagian dari Tangki BBM, saluran BBM, filter & diagfragma sampai ke karburator... So saluran lobang-lobang kecil dalam karburator ikut dibersihkan oleh larutan ini. Selanjutnya masuk ke ruang bakar, membantu pembakaran yang sempurna sehinga lebih ruang bakar bersih, irit BBM dan gas buang lebih ramah lingkungan. Eitsss... dalam ruang bakar celaner ini juga membersihkan carbone sisa hasil p...