Ceritanya...pas ane pulang kerja naek si Jupe turun dikawasan Gombel lama, ane banyak gunain 2 rem (depan & belakang), tau sendiri buat yang pernah lewat jalan situ... Turunan tajam so... fungsi rem benar-benar harus prima. Sebenarnya sih kinerja pengereman masih normal tapiii... suara citt citt nya itu loh, gak nyaman banget dikuping.
Selidik punya selidik ternyata biang kerok suara tikus ini adalah rem belakang, jadi ane harus siapin waktu luang buat cek nih rem belakang si Jupe. Apa kamvas habis apa cuman kotor ato ada bagian besi yang gesekan langsung...Hmm harus dibongkar nih biar tau. Pas dihari minggu ane sengaja luangin waktu buat si Jupe, berbekal beberapa kunci ringpas dan obeng ane bongkar rem belakang si Jupe.
Berikut step by step yang ane kerjain waktu ngebongkar rem tromol belakang:
- Standar tengah si Jupe
- Lepas tuas sayap tromol dari plat pengikat dengan kunci 12
- Lepas tuas rem tromol, kedorin sampai lepas mur kupu-kupu yang biasa buat setel rem belakang.
- Kendorin penyetel roda/rantai di ujung swim arm (lengan ayun) kanan dan kiri (baut anting - jawa)
- Lepas mur as roda belakang dengan kunci 19, jangan lupa tahan baut as disisi satunya dengan kunci sama
- Tarik baut as roda belakang sampai terlepas, pegang roda belakang agar tidak jatuh
- Lepas rantai dari gear belakang
- Turunkan roda
- Lepas tutup tromol berikut sepatu rem
- Cek kondisi tromol dan sepatu rem/ kamvas rem
Hmm... keliatan ribet yahh, padahal sesungguhnya lebih simple cuy. Kelar bongkar rem ane periksa kondisi tromol masih oke, gak ada tanda bergelombang (ngantong -jawa). So, ane bersihin bagian dalam tromol dengan kuas, lalu ane amplas pake amplas kasar permukaan yang bergesekan langsung dengan sepatu rem. Lanjut pengecekan kamvas rem, kondisi terlihat masih tebel, belum saatnya diganti nih pikirku...lumayan irit budget hehehe...lanjut ane lepas sepatu rem dari dudukannya, ane bersihin dudukanya pake kuas dan lap kering. Cek kondisi sepatu rem terlihat masih oke, so ane tinggal amplas permukaan kamvas rem ini pake amplas kasar.
Apa ya biang kerok suara berdecit kayak tikus tiap kali rem belakang diinjak ?
Kondisi tromol normal, sepatu rem masih oke... so nih pasti gegara kotoran/ debu. Proses pengereman menjadikan sepatu rem bergesekan dengan bagian dalam tromol yang bikin laju putaran roda melambat ato berenti. Jadi makin lama kikisan bahan sepatu rem hasil gesekan dengan tromol ini yang bikin bagian dalam tromol keliatan kotor berdebu, nhah debu-debu inilah yang bikin rem jadi bunyi. Ane perhatiin juga ujung sepatu rem ada bagian berkarat didudukanya, bisa jadi ini juga jadi penyebabnya... So mumpung lagi dibongkar, sebelum pasang kamvas rem pada dudukan sepatu rem ane lumasin pake vet (vaslin), tipis-tipis saja.
Lanjut ane pasang sepatu rem pada dudukannya , ane pasang pada tromol roda dan...siap dipasang kembali. Proses pemasangan adalah kebalikan waktu bongkar heheheh...
Jangan lupa pasang rantai pada sproket/ gear belakang sebelum pasang as roda... ini nih yang sering lupa wkwkwk biar gak kejadian kayak ane dimana roda udah terpasang ealah... rantai masih nglewer dibawah alias lum terpasang...duhh.
Proses pengencangan as roda juga harus pelan-pelan sembari kencangin baut/mur anting penyetel dikanan kiri (ujung swim arm). Stel mur kanan dan kiri untuk dapetin kekencangan rantai yang sesuai, INGAT... kanan kiri harus seimbang, kalo gak roda belakang bakal gak center dengan roda depan akibatnya bisa berabe cuy... Lanjut stel rem belakang dengan kencangin mur kupu-kupu (penyetel rem) sampai didapat jarak main pedal rem belakang yang pas.
Beres dah...sekarang dicoba jalan...
Hasilya ciamik euy... beberapa hari ane pake buat lewatin turunan gombel lama, Alhamdulillah aman bro...gak ada lagi bunyi tikus mendecitt...mantabb
Comments
Post a Comment