Skip to main content

Elektrik Starter Ngadatt... Ganti Aki MF

Beberapa hari terakhir ini ane agak kesulitan pake Elektrik Starter... klek Klek Klek seperti kekurangan daya gtu suaranya tiap kali tombol elektrik starter dipencet...duhhh. Kalo pas ngidupin pertama kali sih gak masalah pake Kick Starter, tapii... kalo mesin mati pas dijalan, ditraffic light kan report cuy... harus nendang kick starter...
Untungnya si Jupe bisa dikick starternya tanpa ane turun, coba kalo motor matic gak ngebayangin cuy... harus turun trus pake standart tengah baru bisa tendang kick starter. Suara klakson dijalan juga redup kagak keras kaya biasanya... napa ya? Hmmm... pasti aki si Jupe udah loyo nich, coz udah 3 taon terakhir kali ganti. Apalagi aturan sekarang yang harus nyalain headlamp siang hari...wahhh bikin aki cepet tekor, dan ujung-ujungnya dompet yang tekor buat nebus Aaki motor....wkwkwkw.
Setelah gajian, ane langsung buru-buru beli aki buat gantiin aki yang udah tekor biar gak merembet kemana-mana coz si Jupe ini pake pengapian DC jadi kan gak lucu kalo tiba-tiba problem dijalan gegara aki.
Mumpung lagi ditoko sparepart sekalian ane beli Yamalube Silver buat ganti oli si Jupe, tau sendiri Oli harus diganti rutin biar ngejaga performance dan keawetan mesin, biar strongg gtu...
Disini ane beli AKI MF (Maintenance Free) merk Yuasa YT7C yang ane tebus seharga 180K. 
Sebelum diganti siapin dulu aki baru : 
 - Baca petunjuk pengisian aki
 - Buka segel penutup aki, hingga terlihat lubang pengisian aki
 - Buka tutup hitam pada botol larutan asam sulfat H2SO4 (Jangan buka tutup aluminium foil)
 - Pasang botol larutan dengan posisi terbalik pas dimasing-masing lubang aki 
 - Tekan bagian atas botol larutan sampe segel bolong dan air aki H2SO4 masuk  ke dalam aki
 - Tunggu sampai semua larutan masuk kedalam aki
 - Ketuk-ketuk perlahan sampai gak ada sisa larutan dibotolnya
 - Lepas botol larutan dari aki
 - Pasang tutup Aki, tekan sampai rata
 - Aki akan bereaksi dengan larutan asam sulfat sekitar 20 menitan (terasa agak panas)
 - Biarkan 1 jam sampai aki benar-benar siap digunakan
Sembari menunggu aki baru siap pasang, ane ganti oli pke Yamalube Silver pas di Odometer nunjukin angka 91.200 KM wow... Tap oli seperti biasa pake kunci shock 12, setelah semua oli keluar pasang kembali dan kencangkan baut tap oli nya. Bersihkan dengan lap sisa oli yang menempel.
Isikan oli dengan bantuan corong agar gak tumpah. Pasang tutup oli, kemudian buka kembali dan cek stik olinya pas nunjukin di batas F (full). Biasanya langsung pas, coz Yamalube Silver memang kapasitasnya sesuai dengan si Jupe yakni 800 cc. 
Kelar ganti oli pas nih aki baru sudah siap, so...ane gantilah aki lama ane yang udah mo Koit :
 - Buka sekrup tutup aki pake obeng plus (+)
 - Setelah cover aki dibuka, lepas tali pengikat aki.
 - Lepas kabel minus (-) aki dengan obeng 
 - Tarik keluar aki (separoh) dari tempatnya
 - Lepas kale plus (+) aki dengan obeng
 - Keluarkan aki lama dari tempatnya.
And then pasang aki baru yang telah disiapin sejam sebelumnya, proses memasang adalah kebalikan dari membongkar...hehehe gak usah deh ane tulis lagi.
Jangan lupa sebelum pasang cover penutup aki, berikan sedikit vet (vaslin) pada kedua kutub Aki buat ngejaga supaya terminal aki gak berkarat dan ato berkerak putih akibat reaksi kimia.
Sekarang si Jupe siap tempur karena sumber daya elektrikal (AKI) sudah normal kembali.
Kelar dehh ganti aki... mudah bin gampang ternyata guysss...

Tipss:
Aki MF menurut ane paling value for money coz secara gak perlu dirawat alias gak perlu nambah air  aki macam aki basah, and... harga lebih murah daripada Aki kering.
   


Comments

Popular posts from this blog

Ganti Ban Jupe Z... Belajar Arti Kode Si Karet Bundar

When I look into your eyes...  I can see a love restrained But darlin' when I hold you...  Don't you know I feel the same Nothin' lasts forever...  And we both know hearts can change And it's hard to hold a candle...  In the cold November rain Sambil dengerin lagu GNR "November Rain" ane teringat si Jupe, ban si Jupe udah mulai tipis, terlihat dari grip kembangan tapak ban yang udah hampir ilang untuk ban belakang alias udah tipiss. Kalo ban depan sih kembangan masih bagus cumann... ada dikit retak-retak halus yang mungkin karet ban udah mulai getas coz udah lebih dari 3 taon masa bakti kedua ban depan-belakang di Jupe ane. Mana udah bulan November lagi, jelas bakalan banyak ujan cuy...coz udah masuk musim hujan, bahaya nich kalo ban udah tipis kurang napak di aspal jalan dan licin saat hujan.  So habis gajian langsung dah ane mampir ke salah satu toko spesialis ban dibilangan Sriwijaya Semarang, tepatnya dijalan Tegal Sari ada toko Waroeng Ban. ...

Rem Depan Ambles... Ganti Repair Kit Master Rem

Alkisah, beberapa hari ini ane kagak bisa maenin gas si Jupe alias harus diurut pelan gak boleh kenceng-kenceng larinya. Bukan karena mesin yang ngempos atopun loyo minta obat kuat, tapii... rem depan si Jupe iniloh yang tiba-tiba jadi ambles so hanya ngandelin rem tromol belakang ajah. Bahaya cuy kalo kecepatan tinggi, idealnya disupport 2 rem, cakram depan dan tromol belakang... Nha ini cuman rem belakang yang kerja, rem depannya ambles. Bisa jadi hal ini karena kep master rem (seal-seal pada master rem atas) sudah kempes ato baret, jadinya... ngempos gak bisa neken cairan hidrolis minyak rem ke kaliper rem roda depan. Harus segera dibawa ke bengkel nih... Mumpung weeked hari sabtu ane sengaja datang pagi-pagi ke bengkel langganan ane di Yamaha Mataram Sakti Setiabudi Ngesrep Banyumanik, ane service dahh si Jupe... biasa service ringan aka TUNE-UP, ganti oli plus service rem yang serasa mo nyeplos ini. Ane sengaja pilih bengkel resmi karena sparepart dijamin ori dan ready st...

Dongkrak Performa... Yamalube Carbon Cleaner

Trend saat ini, dimana banyak yang suka utak-atik motornya sendiri aka Do It Yourself direspon dengan baik oleh pihak pabrikan. Salah satunya Yamaha, pabrikan ini merespon keinginan user dengan lahirnya produk Yamaha Carbone Cleaner. Yuk kita intik gimana sih kerja Yamalube Carbon Cleaner ini.. Penggunaan Cleaner ini cukup mudah tinggal tuangkan ke dalam tanggi Bahan Bakar saat akan isi BBM di SPBU, then isi full BBM dengan pertamax. So Cleaner tadi akan bercampur secara merata dalam tanggi dengan BBM yang kita isikan. Selanjutnya campuran BBM dan Cleaner ini akan bekerja membersihkan tiap bagian dari Tangki BBM, saluran BBM, filter & diagfragma sampai ke karburator... So saluran lobang-lobang kecil dalam karburator ikut dibersihkan oleh larutan ini. Selanjutnya masuk ke ruang bakar, membantu pembakaran yang sempurna sehinga lebih ruang bakar bersih, irit BBM dan gas buang lebih ramah lingkungan. Eitsss... dalam ruang bakar celaner ini juga membersihkan carbone sisa hasil p...