Beberapa hari terakhir ini ane agak kesulitan pake Elektrik Starter... klek Klek Klek seperti kekurangan daya gtu suaranya tiap kali tombol elektrik starter dipencet...duhhh. Kalo pas ngidupin pertama kali sih gak masalah pake Kick Starter, tapii... kalo mesin mati pas dijalan, ditraffic light kan report cuy... harus nendang kick starter...
Untungnya si Jupe bisa dikick starternya tanpa ane turun, coba kalo motor matic gak ngebayangin cuy... harus turun trus pake standart tengah baru bisa tendang kick starter. Suara klakson dijalan juga redup kagak keras kaya biasanya... napa ya? Hmmm... pasti aki si Jupe udah loyo nich, coz udah 3 taon terakhir kali ganti. Apalagi aturan sekarang yang harus nyalain headlamp siang hari...wahhh bikin aki cepet tekor, dan ujung-ujungnya dompet yang tekor buat nebus Aaki motor....wkwkwkw.
Setelah gajian, ane langsung buru-buru beli aki buat gantiin aki yang udah tekor biar gak merembet kemana-mana coz si Jupe ini pake pengapian DC jadi kan gak lucu kalo tiba-tiba problem dijalan gegara aki.
Mumpung lagi ditoko sparepart sekalian ane beli Yamalube Silver buat ganti oli si Jupe, tau sendiri Oli harus diganti rutin biar ngejaga performance dan keawetan mesin, biar strongg gtu...
Disini ane beli AKI MF (Maintenance Free) merk Yuasa YT7C yang ane tebus seharga 180K.
Disini ane beli AKI MF (Maintenance Free) merk Yuasa YT7C yang ane tebus seharga 180K.
Sebelum diganti siapin dulu aki baru :
- Baca petunjuk pengisian aki
- Buka segel penutup aki, hingga terlihat lubang pengisian aki
- Buka tutup hitam pada botol larutan asam sulfat H2SO4 (Jangan buka tutup aluminium foil)
- Pasang botol larutan dengan posisi terbalik pas dimasing-masing lubang aki
- Tekan bagian atas botol larutan sampe segel bolong dan air aki H2SO4 masuk ke dalam aki
- Tunggu sampai semua larutan masuk kedalam aki
- Ketuk-ketuk perlahan sampai gak ada sisa larutan dibotolnya
- Ketuk-ketuk perlahan sampai gak ada sisa larutan dibotolnya
- Lepas botol larutan dari aki
- Pasang tutup Aki, tekan sampai rata
- Aki akan bereaksi dengan larutan asam sulfat sekitar 20 menitan (terasa agak panas)
- Biarkan 1 jam sampai aki benar-benar siap digunakan
Sembari menunggu aki baru siap pasang, ane ganti oli pke Yamalube Silver pas di Odometer nunjukin angka 91.200 KM wow... Tap oli seperti biasa pake kunci shock 12, setelah semua oli keluar pasang kembali dan kencangkan baut tap oli nya. Bersihkan dengan lap sisa oli yang menempel.
Isikan oli dengan bantuan corong agar gak tumpah. Pasang tutup oli, kemudian buka kembali dan cek stik olinya pas nunjukin di batas F (full). Biasanya langsung pas, coz Yamalube Silver memang kapasitasnya sesuai dengan si Jupe yakni 800 cc.
- Buka sekrup tutup aki pake obeng plus (+)
- Setelah cover aki dibuka, lepas tali pengikat aki.
- Lepas kabel minus (-) aki dengan obeng
- Tarik keluar aki (separoh) dari tempatnya
- Lepas kale plus (+) aki dengan obeng
And then pasang aki baru yang telah disiapin sejam sebelumnya, proses memasang adalah kebalikan dari membongkar...hehehe gak usah deh ane tulis lagi.
Jangan lupa sebelum pasang cover penutup aki, berikan sedikit vet (vaslin) pada kedua kutub Aki buat ngejaga supaya terminal aki gak berkarat dan ato berkerak putih akibat reaksi kimia.
Sekarang si Jupe siap tempur karena sumber daya elektrikal (AKI) sudah normal kembali.
Kelar dehh ganti aki... mudah bin gampang ternyata guysss...
Tipss:
Aki MF menurut ane paling value for money coz secara gak perlu dirawat alias gak perlu nambah air aki macam aki basah, and... harga lebih murah daripada Aki kering.
Comments
Post a Comment