When I look into your eyes... I can see a love restrained
But darlin' when I hold you... Don't you know I feel the same
Nothin' lasts forever... And we both know hearts can change
And it's hard to hold a candle... In the cold November rain
Ban Depan:
Ukuran 70/90 - 17 M/C 38P
70 = Lebar Telapak Ban 70mm
90 = Tinggi Ban, 90% x 70 = 63mm
17 = Ring ato diameter velg 17 inchi
M/C = Kode kompon ban, *hanya pabrikan yang tahu cuy wkwkwk... :P
38 = Beban Maksimal 132 Kg
P = Kecepatan maksimal 150 Km/jam
Ban Belakang:
Ukuran 80/90 - 17 M/C 44P
80 = Lebar Telapak Ban 80mm
90 = Tinggi Ban, 90% x 80 = 72mm
17 = Ring ato diameter velg 17 inchi
M/C = Kode kompon ban, *hanya pabrikan yang tahu cuy wkwkwk... :P
44 = Beban Maksimal 160 Kg
P = Kecepatan maksimal 150 Km/jam
But darlin' when I hold you... Don't you know I feel the same
Nothin' lasts forever... And we both know hearts can change
And it's hard to hold a candle... In the cold November rain
Sambil dengerin lagu GNR "November Rain" ane teringat si Jupe, ban si Jupe udah mulai tipis, terlihat dari grip kembangan tapak ban yang udah hampir ilang untuk ban belakang alias udah tipiss.
Kalo ban depan sih kembangan masih bagus cumann... ada dikit retak-retak halus yang mungkin karet ban udah mulai getas coz udah lebih dari 3 taon masa bakti kedua ban depan-belakang di Jupe ane. Mana udah bulan November lagi, jelas bakalan banyak ujan cuy...coz udah masuk musim hujan, bahaya nich kalo ban udah tipis kurang napak di aspal jalan dan licin saat hujan.
So habis gajian langsung dah ane mampir ke salah satu toko spesialis ban dibilangan Sriwijaya Semarang, tepatnya dijalan Tegal Sari ada toko Waroeng Ban. Ane mampir kesitu lihat-lihat beberapa model ban dari berbagai merk. Belum 5 menit ane lihat-lihat ban, udah disamperin ama penjaganya..."Pagi Mas, nyari ban buat apa mas? "Buat Jupiter Z" jawabku. "Owh...kalo buat Jupiter Z merk IRC ban depan 125K belakang 155K" kata si penjaga toko. Ukuran ban depan 70/90-17 dan belakang 80/90-17 timpal masnya menambahkan.
Wehh...hafal bener nih masnya pikirku. Oke dech ane ambil depan belakang ya mas kataku... ane pun dipersilakan memilih kembangan telapak ban yang beranekaragam. Ane pilih-pilih sampai bingung sendiri wkwkwkw...Akhirnya ane liat dan samain ama telapak ban si Jupe, tuh kembangan aslinya (original). Setelah deal ban diambil dan segera dipasangkan di Jupe ane.
Banyak mekaniknya dstu jadi cepet terlayani gak pake antri lama. Pemasangan ban pake alat gak manual jadi velg dijamin aman, Angin pake nitrogen entah asli apa gak wkwkwk... tapi distu ada tulisan: Harga Ban Nett, Bonus Nitrogen & Chain Lube.
Sambil nungguin mekaniknya pasang ban, ane yang tadi penasaran ama kode-kode ban yang disebutkan mas nya iseng-iseng browsing buat nyari kode-kode ban di Jupe ane:
Dari sni ane jadi tau arti-arti kode yang tercetak diban si Jupe, mudah ternyata.... nambah pengetahuan. vroh...Ban Depan:
Ukuran 70/90 - 17 M/C 38P
70 = Lebar Telapak Ban 70mm
90 = Tinggi Ban, 90% x 70 = 63mm
17 = Ring ato diameter velg 17 inchi
M/C = Kode kompon ban, *hanya pabrikan yang tahu cuy wkwkwk... :P
38 = Beban Maksimal 132 Kg
P = Kecepatan maksimal 150 Km/jam
Ban Belakang:
Ukuran 80/90 - 17 M/C 44P
80 = Lebar Telapak Ban 80mm
90 = Tinggi Ban, 90% x 80 = 72mm
17 = Ring ato diameter velg 17 inchi
M/C = Kode kompon ban, *hanya pabrikan yang tahu cuy wkwkwk... :P
44 = Beban Maksimal 160 Kg
P = Kecepatan maksimal 150 Km/jam
Kalo tahun produksinya dimana yahh ? katanya sihh, biarpun ban masih baru blum pnah kepake alias masih kebungkus kalo produksinya udah expired bakalan getas karet bannnya, jadi meski harga murah tetep wajib ditolak coz beli baru juga harus dapet baru... ada harga ada kulaitas...beli harga baru ya dapat ban produksi baru...ya gak cuy. Expired ban biasanya rata-rata 3 tahun, kalo merk-merk luar macam bridgestone, dunlop bisa ampe 5 tahun. Kalo merk lokal ? 2 tahun mungkin, Hmmm...
Dan tak terasa pemasangan ban si Jupe udah selesai, ane bayar ke kasir dan sekarang kaki-kaki udah oke siap melahap aspal meski hujan, lebih safety dengan ban baru cuy... :D
Comments
Post a Comment