Skip to main content

Ganti Ban Jupe Z... Belajar Arti Kode Si Karet Bundar

When I look into your eyes... I can see a love restrained
But darlin' when I hold you... Don't you know I feel the same
Nothin' lasts forever... And we both know hearts can change
And it's hard to hold a candle... In the cold November rain

Sambil dengerin lagu GNR "November Rain" ane teringat si Jupe, ban si Jupe udah mulai tipis, terlihat dari grip kembangan tapak ban yang udah hampir ilang untuk ban belakang alias udah tipiss.
Kalo ban depan sih kembangan masih bagus cumann... ada dikit retak-retak halus yang mungkin karet ban udah mulai getas coz udah lebih dari 3 taon masa bakti kedua ban depan-belakang di Jupe ane. Mana udah bulan November lagi, jelas bakalan banyak ujan cuy...coz udah masuk musim hujan, bahaya nich kalo ban udah tipis kurang napak di aspal jalan dan licin saat hujan. 
So habis gajian langsung dah ane mampir ke salah satu toko spesialis ban dibilangan Sriwijaya Semarang, tepatnya dijalan Tegal Sari ada toko Waroeng Ban. Ane mampir kesitu lihat-lihat beberapa model ban dari berbagai merk. Belum 5 menit ane lihat-lihat ban, udah disamperin ama penjaganya..."Pagi Mas, nyari ban buat apa mas? "Buat Jupiter Z" jawabku. "Owh...kalo buat Jupiter Z merk IRC ban depan 125K belakang 155K" kata si penjaga toko. Ukuran ban depan 70/90-17 dan belakang 80/90-17 timpal masnya menambahkan. 
Wehh...hafal bener nih masnya pikirku. Oke dech ane ambil depan belakang ya mas kataku... ane pun dipersilakan memilih kembangan telapak ban yang beranekaragam. Ane pilih-pilih sampai bingung sendiri wkwkwkw...Akhirnya ane liat dan samain ama telapak ban si Jupe, tuh kembangan aslinya (original). Setelah deal ban diambil dan segera dipasangkan di Jupe ane.
Banyak mekaniknya dstu jadi cepet terlayani gak pake antri lama. Pemasangan ban pake alat gak manual jadi velg dijamin aman, Angin pake nitrogen entah asli apa gak wkwkwk... tapi distu ada tulisan: Harga Ban Nett, Bonus Nitrogen & Chain Lube.
Sambil nungguin mekaniknya pasang ban, ane yang tadi penasaran ama kode-kode ban yang disebutkan mas nya iseng-iseng browsing buat nyari kode-kode ban di Jupe ane:
Dari sni ane jadi tau arti-arti kode yang tercetak diban si Jupe, mudah ternyata.... nambah pengetahuan. vroh...
Ban Depan:
Ukuran 70/90 - 17 M/C 38P
70  = Lebar Telapak Ban 70mm
90  = Tinggi Ban, 90% x 70 = 63mm
17  = Ring ato diameter velg 17 inchi
M/C = Kode kompon ban, *hanya pabrikan yang tahu cuy wkwkwk... :P
38  = Beban Maksimal 132 Kg
P   = Kecepatan maksimal 150 Km/jam
Ban Belakang:
Ukuran 80/90 - 17 M/C 44P
80  = Lebar Telapak Ban 80mm
90  = Tinggi Ban, 90% x 80 = 72mm
17  = Ring ato diameter velg 17 inchi
M/C = Kode kompon ban, *hanya pabrikan yang tahu cuy wkwkwk... :P
44  = Beban Maksimal 160 Kg
P   = Kecepatan maksimal 150 Km/jam
Kalo tahun produksinya dimana yahh ? katanya sihh, biarpun ban masih baru blum pnah kepake alias masih kebungkus kalo produksinya udah expired bakalan getas karet bannnya, jadi meski harga murah tetep wajib ditolak coz beli baru juga harus dapet baru... ada harga ada kulaitas...beli harga baru ya dapat ban produksi baru...ya gak cuy. Expired ban biasanya rata-rata 3 tahun, kalo merk-merk luar macam bridgestone, dunlop bisa ampe 5 tahun. Kalo merk lokal ? 2 tahun mungkin, Hmmm...
Dan tak terasa pemasangan ban si Jupe udah selesai, ane bayar ke kasir dan sekarang kaki-kaki udah oke siap melahap aspal meski hujan, lebih safety dengan ban baru cuy... :D

Comments

Popular posts from this blog

Rem Depan Ambles... Ganti Repair Kit Master Rem

Alkisah, beberapa hari ini ane kagak bisa maenin gas si Jupe alias harus diurut pelan gak boleh kenceng-kenceng larinya. Bukan karena mesin yang ngempos atopun loyo minta obat kuat, tapii... rem depan si Jupe iniloh yang tiba-tiba jadi ambles so hanya ngandelin rem tromol belakang ajah. Bahaya cuy kalo kecepatan tinggi, idealnya disupport 2 rem, cakram depan dan tromol belakang... Nha ini cuman rem belakang yang kerja, rem depannya ambles. Bisa jadi hal ini karena kep master rem (seal-seal pada master rem atas) sudah kempes ato baret, jadinya... ngempos gak bisa neken cairan hidrolis minyak rem ke kaliper rem roda depan. Harus segera dibawa ke bengkel nih... Mumpung weeked hari sabtu ane sengaja datang pagi-pagi ke bengkel langganan ane di Yamaha Mataram Sakti Setiabudi Ngesrep Banyumanik, ane service dahh si Jupe... biasa service ringan aka TUNE-UP, ganti oli plus service rem yang serasa mo nyeplos ini. Ane sengaja pilih bengkel resmi karena sparepart dijamin ori dan ready st...

Dongkrak Performa... Yamalube Carbon Cleaner

Trend saat ini, dimana banyak yang suka utak-atik motornya sendiri aka Do It Yourself direspon dengan baik oleh pihak pabrikan. Salah satunya Yamaha, pabrikan ini merespon keinginan user dengan lahirnya produk Yamaha Carbone Cleaner. Yuk kita intik gimana sih kerja Yamalube Carbon Cleaner ini.. Penggunaan Cleaner ini cukup mudah tinggal tuangkan ke dalam tanggi Bahan Bakar saat akan isi BBM di SPBU, then isi full BBM dengan pertamax. So Cleaner tadi akan bercampur secara merata dalam tanggi dengan BBM yang kita isikan. Selanjutnya campuran BBM dan Cleaner ini akan bekerja membersihkan tiap bagian dari Tangki BBM, saluran BBM, filter & diagfragma sampai ke karburator... So saluran lobang-lobang kecil dalam karburator ikut dibersihkan oleh larutan ini. Selanjutnya masuk ke ruang bakar, membantu pembakaran yang sempurna sehinga lebih ruang bakar bersih, irit BBM dan gas buang lebih ramah lingkungan. Eitsss... dalam ruang bakar celaner ini juga membersihkan carbone sisa hasil p...