Skip to main content

Indikator BBM Ngaco... Aaaaaarrrggghhh

Gegara indikator BBM si Jupe bermasalah alias ngaco, kemarin ane sempat "dikerjai"...loh kok bisa? Gini ceritanya cuy...saat mo lunch sama temen kantor tiba-tiba si Jupe tersendat-sendat dan beberapa saat kemudian langsung klepek-klepek  kagak mo jalan. Gejala mirip kehabisan bensin gitu dech, padahal indikator bensin masih nunjukin setengah Hmmm... Ane tepikan tuh si Jupe trus ane buka jok dan tutup tangki...gubraaakkk ternyata bensin kosong. Kok bisa ya? Ngaco nih indikator BBM... parahhh dikerjain ane. Terpaksa dah ane dorong si Jupe sampai SPBU sekitar 500 meteran.... Beeuuuhhh... Sore harinya selepas pulang ngantor ane cek sistem indikator BBM. Setau ane rangkaiannya cukup sederhana sbb:
Sender unit alias pelampung bensin adalah "tersangka utama" dan yang paling sering ngalamin kerusakan. Ada satu trik untuk mendeteksi kerusakan pelampung tangki, Gini cuy.... siapkan kabel panjangnya 3 cm lalu kedua ujung kabel di kupas agar terbuka serabut kabelnya. Kemudian lepas soket kabel di pelampung tangki, masukkan masing2 ujung kabel ke lubang soket. Putar kunci kontak ke posisi ON,lihat jarum bensin speedometer jika naik terus ke posisi "F" (full), maka di pastikan pelampung tangki bermasalah, tapi jika jarum bensin speedometer tidak naik ada 2 kemungkinan yaitu kabel putus atau fuel indikator dipanel speedometer rusak, tapi hal ini sangat jarang terjadi.
Naahhh... Jupe ane setelah ane cek ternyata terindikasi sender unit yang jadi biang keroknya... Mo ganti baru harganya lumayan 130K, apa gak bisa diakalin yahh? Cari sana-sini akhirnya nemu trik gimana caranya ngatasin pelampung tangki ngadat, dan Alhamdulillah berhasil ane praktekin :
- Lepas sender unit dari tangki BBM dengan kunci 8.
- Ambil Kabel yang panjangnya 3 cm kita ambil 3 – 4 pcs serabut kabelnya
- Lilitkan serabut kabel tadi di ujung batang besi pelampung.
- Kemudian dites... 
Masukan soket kabel bodi ke pelampung lalu putar kunci ke ON, lihat posisi jarum bensin di speedometer sambil batang pelampung kita geser keatas, jika jarum pelampung bisa naik berarti berhasil, jika belum bisa tambahkan lilitan kabel 1-2 pcs lalu di tes lagi sampai berhasil cuy...
Gampang kan ? wkwkwkw...  Tips ini juga berlaku pada speedometer digital.
Kelar pasang semua sekarang indikator BBM si Jupe kembali Oke dan gak takut ane dikerjain lagi hehehehe...

Referensi: http://aripitstop.com

Comments

Popular posts from this blog

Ganti Ban Jupe Z... Belajar Arti Kode Si Karet Bundar

When I look into your eyes...  I can see a love restrained But darlin' when I hold you...  Don't you know I feel the same Nothin' lasts forever...  And we both know hearts can change And it's hard to hold a candle...  In the cold November rain Sambil dengerin lagu GNR "November Rain" ane teringat si Jupe, ban si Jupe udah mulai tipis, terlihat dari grip kembangan tapak ban yang udah hampir ilang untuk ban belakang alias udah tipiss. Kalo ban depan sih kembangan masih bagus cumann... ada dikit retak-retak halus yang mungkin karet ban udah mulai getas coz udah lebih dari 3 taon masa bakti kedua ban depan-belakang di Jupe ane. Mana udah bulan November lagi, jelas bakalan banyak ujan cuy...coz udah masuk musim hujan, bahaya nich kalo ban udah tipis kurang napak di aspal jalan dan licin saat hujan.  So habis gajian langsung dah ane mampir ke salah satu toko spesialis ban dibilangan Sriwijaya Semarang, tepatnya dijalan Tegal Sari ada toko Waroeng Ban. ...

Rem Depan Ambles... Ganti Repair Kit Master Rem

Alkisah, beberapa hari ini ane kagak bisa maenin gas si Jupe alias harus diurut pelan gak boleh kenceng-kenceng larinya. Bukan karena mesin yang ngempos atopun loyo minta obat kuat, tapii... rem depan si Jupe iniloh yang tiba-tiba jadi ambles so hanya ngandelin rem tromol belakang ajah. Bahaya cuy kalo kecepatan tinggi, idealnya disupport 2 rem, cakram depan dan tromol belakang... Nha ini cuman rem belakang yang kerja, rem depannya ambles. Bisa jadi hal ini karena kep master rem (seal-seal pada master rem atas) sudah kempes ato baret, jadinya... ngempos gak bisa neken cairan hidrolis minyak rem ke kaliper rem roda depan. Harus segera dibawa ke bengkel nih... Mumpung weeked hari sabtu ane sengaja datang pagi-pagi ke bengkel langganan ane di Yamaha Mataram Sakti Setiabudi Ngesrep Banyumanik, ane service dahh si Jupe... biasa service ringan aka TUNE-UP, ganti oli plus service rem yang serasa mo nyeplos ini. Ane sengaja pilih bengkel resmi karena sparepart dijamin ori dan ready st...

Dongkrak Performa... Yamalube Carbon Cleaner

Trend saat ini, dimana banyak yang suka utak-atik motornya sendiri aka Do It Yourself direspon dengan baik oleh pihak pabrikan. Salah satunya Yamaha, pabrikan ini merespon keinginan user dengan lahirnya produk Yamaha Carbone Cleaner. Yuk kita intik gimana sih kerja Yamalube Carbon Cleaner ini.. Penggunaan Cleaner ini cukup mudah tinggal tuangkan ke dalam tanggi Bahan Bakar saat akan isi BBM di SPBU, then isi full BBM dengan pertamax. So Cleaner tadi akan bercampur secara merata dalam tanggi dengan BBM yang kita isikan. Selanjutnya campuran BBM dan Cleaner ini akan bekerja membersihkan tiap bagian dari Tangki BBM, saluran BBM, filter & diagfragma sampai ke karburator... So saluran lobang-lobang kecil dalam karburator ikut dibersihkan oleh larutan ini. Selanjutnya masuk ke ruang bakar, membantu pembakaran yang sempurna sehinga lebih ruang bakar bersih, irit BBM dan gas buang lebih ramah lingkungan. Eitsss... dalam ruang bakar celaner ini juga membersihkan carbone sisa hasil p...